Minggu, 03 Maret 2013

8 Bahan Hijab

Mengenal 8 Jenis Bahan Hijab



Saat ini banyak tersedia  yang cantik dan elegan, namun kita juga harus tau bahan apa yang digunakan untuk kerudung tersebut. Masalahnya mayoritas perempuan tidak terlalu mempersoalkan kerudung yang mereka pakai itu terbuat dari bahan apa. Padahal beda jenis kerudung itu sangat berperan dalam menunjang penampilan kita loh dalam mengkreasikan tampilan  jilbab. Untuk itu Sharing di Sini akan berbagi mengenai jenis kerudung untuk hijab beserta karakteristiknya.

1.Hijab Bahan Chiffon Material chiffon mempunyai karakteristik lebih licin dibanding hycon. Dalam memakai chiffon perlu bantuan  inner atau ciput agar tampilannya lebih maksimal. Banyak bergo yang berbahan chiffon. Baik chiffon  two tone ataupun chiffon crepe. Meskipun agak panas, tapi bergo chiffon dapat dijadikan alternative buat acara yang lebih semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana. Chiffon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos.

2. Hijab Bahan  Katun
Kelebihan dari bahan ini adalah nyaman dipakai, bisa dipakai sehari-hari. Perawatan kerudung berbahan dasar katun  ini juga sangat mudah. Sedangkan kekurangannya adalah bahan  yang terbuat dari bahan katun tidak bisa dibentuk menjadi aneka kreasi karena bahannya agak tebal.

                                               
                                                     
3. Hijab Bahan  Lycra atau spandex
Selain nyaman digunakan,bahan ini perawatannya cukup mudah. Hanya dengan mencuci biasa dan keringkan dibawah matahari. Bahan ini tidak panas digunakan dan lentur sekali. Kadang ada yang memiliki efek kilap ada juga yang tidak.

4. Hijab Sutra
Kelebihan hijab berbahan sutra adalah nyaman dipakai dan tidak panas, lalu mudah dibentuk aneka kreasi karena teksturnya lembut, bisa dipakai sehari-hari, bahan nya yang cantik juga cocok dipakai saat acara pesta. Sedangkan kekurangannya ini mudah kusut, kadang-kadang luntur, perawatannya juga harus ekstra hati-hati biar awet.

5. Hijab Polyester
Bahan hijab polyester  tidak mudah  kusut, bisa dipakai sehari-hari maupun pesta, dan perawatannya mudah. Tapi ada nilai kurangnya yaitu jika dipakai panas dan gerah  saat cuaca panas , kadang-kadang juga membuat kita sulit mendengar karena tekst urnya cenderung kaku selain itu kerudung polyester ini juga agak sulit dikreasikan karena teksturnya cenderung kaku.

6. Hijab Rayon
Hijab berbahan rayon memiliki kelebihan  adem bila dipakai, terkesan casual, bisa dipakai sehari-hari. Sedangkan kekurangannya mudah kusut, kadang-kadang luntur, dan cepat menimbulkan aroma yang kurang sedap karena mudah menyerap keringat. Lebih baik jangan gunakan kerudung berbahan rayon  untuk pergi ke pantai atau saat membawa anak anak.

7. Hijab Bahan Kaos
Kaos lebih cepat mulur setelah berulang kali dicuci namun kaos termasuk salah satu bahan yang nyaman dipakai dan dingin ketika dipakai. Dibandingkan dengan  lycra dan  spandex.

8/ Hijab Bahan Voile
Bahan yang lembut dan halus sehingga cukup nyaman digunakan pada siang hari, tapi pada bagian leher agak sulit dibentuk karena seratnya yang tidak lentur seperti lycra dan kaos.
By NE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar